Cerita Tentang Nyai Roro kidul

By
Advertisement
 Cerita Tentang Nyai Roro kidul


Legenda Nyi Roro Kidul Asli Sang Ratu Pantai Selatan.Ratu Laut Selatan yaitu sebutan yang biasanya mengacu pada dua tokoh,yakni Kanjeng Ratu Kidul serta Nyi Roro Kidul.Tokoh ini sangatlah popular di kelompok orang-orang Pulau Jawa serta Bali.Keyakinan bakal ada penguasa lautan di selatan Jawa(Samudera Hindia)terlebih di kenal oleh suku Sunda serta suku Jawa.Orang Bali juga yakini ada kemampuan yang kuasai pantai selatan ini. 

Nyi Roro Kidul(juga dimaksud Nyai Loro Kidul)yaitu tokoh legendaris Indonesia yang sangatlah popular di kelompok orang-orang Pulau Jawa serta Bali.Tokoh ini di kenal juga sebagai Ratu Laut Selatan(Samudra Hindia).Menurut legenda Sunda,Nyi Rara Kidul awalnya adalah putri Kerajaan Sunda yang diusir ayahnya lantaran tingkah ibu tirinya.Dalam perubahannya,orang-orang condong menyamai Nyi Rara Kidul dengan Kanjeng Ratu Kidul. 

Kedudukan Nyai Loro Kidul juga sebagai Ratu-Lelembut tanah Jawa jadi motif popular dalam narasi rakyat serta mitologi,terkecuali juga dikaitkan dengan kecantikan putri-putri Sunda serta Jawa.Kanjeng Ratu Kidul yaitu tokoh legenda yang sangatlah popular di kelompok orang-orang Pulau Jawa serta Bali. Ia mempunyai kuasa atas ombak keras samudra Hindia dari istananya yang terdapat di jantung samudra. Dalam mitologi Jawa,Kanjeng Ratu Kidul adalah ciptaan dari Dewa Kaping Telu.Ia isi alam kehidupan juga sebagai Dewi Padi (Dewi Sri)serta dewi-dewi alam yang lain.

Menurut keyakinan,ia adalah pasangan spiritual beberapa sultan dari Mataram serta Yogyakarta,diawali dari Panembahan Senapati sampai saat ini.Ia juga jadi istri spiritual Susuhunan Surakarta. Pengamat histori umumnya berasumsi,kepercayaan bakal Kanjeng Ratu Kidul memanglah di buat untuk melegitimasi kekuasaan dinasti Mataram. 

Keraton Surakarta menyebutnya juga sebagai Kanjeng Ratu Ayu Kencono Sari.Ia diakui dapat untuk beralih bentuk sekian kali dalam satu hari.Sultan Hamengkubuwono IX melukiskan pengalaman pertemuan spiritualnya dengan sang Ratu;ia bisa beralih bentuk serta tampilan,juga sebagai seseorang wanita muda umumnya ketika bln.purnama,serta juga sebagai wanita tua di saat yang lain. 

Dalam kepercayaan orang Jawa, Kanjeng Ratu Kidul mempunyai pembantu setia bernama Nyai atau Nyi Rara Kidul.Nyi Rara Kidul suka pada warna hijau serta diakui sukai mengambil beberapa orang yang kenakan pakaian hijau yang ada di pantai wilayahnya untuk jadikan pelayan atau pasukannya.Karenanya,pengunjung pantai wisata di selatan Pulau Jawa,baik di Pelabuhan Ratu,Pangandaran,Cilacap,pantai-pantai di selatan Yogyakarta,sampai Semenanjung Purwa di ujung timur,senantiasa diingatkan tidak untuk kenakan pakaian berwarna hijau.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.