Selasa

Senjata Tradisional Sumatera Selatan

 Senjata Tradisional Sumatera Selatan

Senjata Tradisional Sumatera Selatan yang beribuka di Palembang mempunyai banyak kesamaan dengan senjata tradisional propinsi yang lain di Pulau Sumatera serta Kepulauan Riau. Tetapi ada satu senjata yang memanglah khas Palembang. Senjata itu yaitu Tombak Trisula. 

Seperti rencong dari aceh, kujang dari sunda, atau mandau dari Kalimantan, tombak trisula memanglah telah di kenal datang dari Palembang. Tetapi belum di ketahui dengan cara pasti mulai sejak kapan trisula ini jadi senjata tradisional di Palembang. 

Disangka perubahan trisula jadi senjata tradisional di Palembang ada hubungannya dengan perubahan kebudayaan Hindu yang ada pada saat kerajaan Sriwijaya yang berpusat di Palembang. Hal semacam ini bisa dipandang dari bentuk tombak trisula yang serupa dengan trisula yang ada di kuil kuil Hindu yakni senjata yang dipegang oleh Dewa Siwa. 

Meskipun senjata tombak trisula ini dapat dipakai oleh banyak negara, walau demikian yang khas dari trisula palembang yaitu ke-2 segi tombak itu bisa dipakai juga sebagai senjata. Satu segi tombak berupa trisula sedang segi yang lain adalah mata tombak umum. 

Terkecuali Tombak Trisula juga sebagai senjata tradisional Palembang, orang-orang palembang juga mengetahui keris juga sebagai senjata tradisional. Meskipun pada zaman saat ini replikasi keris dipakai juga sebagai pelengkap baju tradisional dari Sumatera Selatan. 

Sekian Sahabat, penjelasan tentang senjata tradisional dari Sumatera Selatan. Mudah-mudahan berguna.

Disqus Comments