3 Senjata Tradisional Provinsi Riau

By
Advertisement
Riau adalah propinsi paling kaya di Indonesia. Kekayaan alam Riau datang dari alam seperti gas alam, minyak bumi, karet, kelapa sawit serta perkebunan dan. Tetapi pembukaan kelapa sawit serta kayu untuk kertas besar-besaran sudah mengakibatkan deforestasi rimba yang ada di Riau. Dari 78% pada th. 1982 tersisa 22% atau 2, 45 juta hektar rimba pada th. 2009. Alhasil pembukaan rimba ini mengakibatkan kabut asap yang memalukan Indonesia. 

Kehilangan rimba mudah-mudahan bisa jadi pelajaran untuk kita seluruhnya agar bisa memperbaikinya. Di bagian budaya kita juga tak bisa kehilangan jati diri serta jati diri Bangsa. Propinsi Riau mempunyai bermacam budaya serta kebiasaan istiadat yang berkembang dari kehadiran orang-orang kebiasaan Melayu. Propinsi Riau mempunyai senjata tradisional yang butuh kita kenali serta kita lestarikan berbarengan. 

4 Senjata tradisional Propinsi Riau yaitu : 

1. Senjata Tradisional Propinsi Riau - Keris Riau 

Keris adalah senjata pusaka yang sudah dipakai berabad lantas. Bukan sekedar di Riau, keris biasanya dipakai oleh bangsawan di Asia Tenggara. Keris adalah lambang kehormatan serta alat menjaga diri. Senjata ini dipakai untuk menikam dari jarak dekat. 

Kedudukan keris dalam histori juga sebagai lambang kehormatan tak disangkal lagi, bahwa dalam saat kerajaan itu tampak terang juga sebagai bentuk perlindungan diri, ataupun kebanggaan. Bahkan juga dalam histori moderen, manfaat itu selalu berkembang juga sebagai object histori, serta dapatlah jadi benda penentu histori berdasar pada saat pembuatan serta type bahan yang dipakai. 

Sampai saat ini dalam kebiasaan serta budaya Melayu Riau, senantiasa menggandengkan keris dalam tiap-tiap baju juga sebagai senjata pelengkap mulai sejak turun-temurun. Tetapi yang tidak sama dalam pekaian keris dari kebiasaan yang ada di pulau Jawa yaitu, jika pemakaian keris di Jawa diselipkan di pinggang sisi belakang, di Riau serta orang-orang melayu biasanya pemakaian keris yaitu didepan.


2. Senjata Tradisional Propinsi Riau -Beladau 

Beladau atau pisau belati juga adalah senjata tradisional yang sudah dipakai oleh orang-orang melayu serta orang-orang Indonesia biasanya. Beladau biasanya di kenal di daerah Sumatera dari Riau serta Kepulauan Riau hingga Mentawai. Senjata ini adalah senjata tikam serta senjata sayat. Panjang pisau ini umumnya seputar 24cm.


3. Senjata Tradisional Propinsi Riau - Kelewang 

Kelewang adalah senjata tradisional Riau sejenis golok. Senjata dulu dipakai oleh beberapa prajurit, tetapi sekarang ini dipakai oleh orang-orang biasanya. Bahkan juga hingga sekarang ini Kelewang banyak dipakai untuk kepentingan pertanian.


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.