3 Senjata Tradisional dari Sumatera Barat

By
Advertisement
1. Senjata Tradisional Sumatera Barat - Karih 

Karih yaitu senjata tradisional dari Sumatera Barat seperti keris cuma saja bentuk karih tak berlekuk seperti keris yang kita kenal dari pulau Jawa. Walau demikian Bila masih tetap ada dalam sarungnya, sepintas bentuk keris Sumatera Barat ini serupa keris Jawa ; pegangannya berlekuk sedikit dengan ukiran dibagian sarungnya. Sisi sarungnya agak sedikit menyempit dibagian atas dekat ujungnya. 
Karih/Keris ini adalah perlengkapan/aksesori yang digunakan oleh golongan laki-laki serta ditempatkan di samping depan, serta biasanya digunakan oleh beberapa penghulu terlebih dalam tiap-tiap acara resmi ada terlebih dalam acara malewa gala atau pengukuhan gelar, diluar itu juga umum digunakan oleh beberapa mempelai pria dalam acara majlis perkawinan yang orang-orang setempat menyebutnya baralek serta dipakai dalam pertunjukan silat.


2. Senjata Tradisional Sumatera Barat - Kerambik 

Senjata Tradisional dari Sumatera Barat setelah itu yaitu Karambit. Kerambit dimaksud dengan juga Karambiak, Kurambiak. Kerambit yaitu senjata tradisional Sumatera Barat yang berjenis pisau genggam kecil berupa melengkung dari Indonesia yang sudah mendunia. Bahkan juga senjata ini diproduksi dengan cara masal oleh produsun-produsen senjata dunia, serta jadi senjata harus personel US Marshal. Senjata ini termasuk juga senjata beresiko lantaran bisa dipakai menyayat ataupun merobek anggota badan lawan dengan cara cepat serta tak terdeteksi. 

Kerambik ini adalah senjata khas asli dari Minangkabau Sumatera Barat, tetapi dalam perubahannya menebar ke pelosok nusantara dibawa oleh orang-orang Minang yang merantau. Sekarang ini kerambit mempunyai sebagian varian. Dari bilah tajamnya terbagai jadi dua yakni tajam tunggal serta tajam ganda (double edges). Sedang di Indonesia sendiri, kerambit ada dua yakni kerambit Jawa Barat serta kurambiak/karambiak Minang. Kerambit Jawa Barat umumnya mempunyai lengkungan yang membulat, sedang kerambit Minang mempunyai lengkungan siku.  
Sebagian type kerambit di Nusantara :
Kuku Alang (kuku elang), Lawi ayam : Cakar elang/ayam dari Sumatera Barat 
Kuku Harimau : Sumatera Barat, Jawa Barat serta Madura 
Kuku Bima : Jawa Barat, Jawa Tengah 
Kuku Hanoman : Jawa Barat 
Kerambit Sumbawa : Pulau Sumba 
Kerambit Lombok : Lombok
3. Senjata Tradisional Sumatera Barat -Ruduih
Ruduih merupakan salah satu senjata tradisional sejenis golok yang berasal dari budaya masyarakat Minang, Sumatra Barat. Pada masa lampau Keberadaan senjata tradisional ruduih ini dipergunakan dalam peperangan dan  tercatat di dalam Museum Perjuangan Tridaya Eka Dharma, sebagai senjata yang digunakan dalam perang Manggopoh (1908).



Sumber rujukan dan gambar :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.