Kamis

SEJARAH KERAJAAN SINGASARI

 SEJARAH KERAJAAN SINGASARI


Histori Singasari bermula dari daerah Tumampel,yang dikuasai oleh seseorang akuwu (bupati).Letaknya di daerah pegunungan yang subur di daerah Malang.Perubahan cepat yang dihadapi oleh kerajaan Singasari ini sesudah sukses menaklukkan kerajaan Kediri dalam pertempuran dekat Gender th.1222 M 

1. Sumber-sumber sejarah 
Kitab Pararaton,menceritakan raja-raja Singasari 
Kitab Negara Kertagama, diisi silsilah raja-raja Singasari 
Prasasti setelah th.1248 M 
Berita-berita asing (Cina) menyebutkan bahwa kaisar Khubilai Khan (Cina) kirim pasukannya untuk menyerang Kerajaan Singasari 
Peninggalan berbentuk candi,yakni Candi Kidal,Candi Jago,Candi Singasasri 


2. Kehidupan politik 
Kerajaan Singasari pernah alami saat kejayaan dalam perubahan histori Hindu di Indonesia serta adalah cikal akan kerajaan Majapahit,pernah diperintah oleh raja-raja seperti berikut : 

RAJA KEN AROK 
Kemenagan Ken Arok dalam pertempuran di dekat Gentertahun 1222 M itu membawa keharuman namanya,hingga beliau bangun Dinasti baru dan bangun kerajaan yang baru yakni Kerajaan Singasari. 
Ken Arok bergelar Sri Ranggah Rajasa Sang Amurwabhumi dinastinya bernama Dinasti Girindrawangsa (Dinasti keturunan Siwa).Ken Arok memerintah th.1222 M hingga 1227 M.Saat pemerintahannya disudahi dengan cara tragis.Ia mati dibunuh oleh kaki tangan Anusapati,yang disebut anak tirinya (anak Ken Dedes dengan suami pertamanya Tunggul Ametung) 

RAJA ANUSAPATI 
Wafatnya Ken Arok,tahta kerajaan segera di pegang oleh Anusapati dalam periode waktu pemerintahan yang cukup lama (1227-1248 M). 
Momen kematian Ken Arok pada akhirnya terbongkar.Tohjaya tahu rutinitas Anusapati yakni menyabung ayam,jadi Tohjaya mengundang Anusapati ke Gedong Jiwa (tempat tinggal Tohjaya). Waktu Anusapati tengah asik lihat aduan ayamnya mendadak Tohjaya mencabut keris Empu Gandring yang dibawa Anusapati serta segera menusukkan ke punggung Anusapati.Pada akhirnya Anusapati wafat. 

RAJA TOHJAYA 
Tohjaya memerintah th.1248 M.Tohjaya memerintah cuma sebagian bln.saja,lantaran putra Anusapati yang bernama Ranggawuni tahu tentang kematian Anusapati yang dibunuh oleh Tohjaya. Oleh karenanya Ranggawuni dibantu oleh Mahesa Cempaka menuntut haknya atas tahta kerajaan pada Tohjaya.Namun Tohjaya kirim pasukannya untuk menangkap Ranggawuni.Ranggawuni yang dibantu oleh Mahesa Cempaka serta Lembu Ampal sukses merebut kerajaan dari tangan Tohjaya.Setelah itu Ranggawuni menempati tahta kerajaan Singasari. 

RAJA WISNUWARDHANA 
Ranggawuni naik tahta dengan gelar Wisnuwardhana dibantu oleh Mahesa Cempaka dengan gelar Ceritanghmurti.Mereka memerintah kerajaan Singasari pada th.1248-1268 M.Pada th. 1254 M Wisnuwardhana mengangkat putranya juga sebagai Yuva raja (raja muda) dengan maksud menyiapkan Kertanegara juga sebagai raja besar di kerajaan Singasari.Sesudah Wisnuwardhana wafat kedudukanya ditukar oleh Kertanegara. 

RAJA KERTANEGARA 
Kertanegara memerintah th. 1268-1292 M serta adalah raja terpenting serta paling akhir di kerajaan Singasari.Pada saat pemerintahannya Singasari meraih puncak kejayaannya. Usaha yang ditempuh oleh Kertanegara yaitu seperti berikut: 
a. politik dalam negeri 
Mengadakan pergeseran pembantunya deperti mahapatih Raganata ditukar oleh Aragani.Raganata diangkat jadi Adhiyaksa di Tumampel.Berbuat baik pada lawan politiknya seperti mengangkat putra Jayakatwang yang bernama Ardharaja jadi menantunya. Juga Raden Wijaya cucu dari Mahesa Cempaka juga sebagai menantunya.Kertanegara juga menguatkan angkatan perang baik darat ataupun laut. 
b. politik luar negeri 
Juga sebagai raja besar Kertanegara bercita-cita mempersatukan semua lokasi nusantara dibawah panji Singasari.Untuk penuhi ambisinya Kertanegara meniti beberapa cara juga sebagai berikut 
1. Melakukan Ekspedisi Pamalayu (1275 serta 1286 M) untuk menguasai 
kerajaan Melayu dan melemahkan posisi Sriwijaya di selat Malaka 
2. Meguasai Bali (1284 M) 
3. kuasai Jawa Barat (1289 M) 
4. Kuasai Pahang (Malaya) serta tanjung pura (Kalimantan) 

Meskipun Singasari menguatkan tentaranya,pasukan Cina-Mongol sukses menerobos pertahanan Singasari serta mendarat di pulau Jawa.Didalam negeri Kertanegara memperoleh serangan dari raja Jayakatwang dari Kediri.Disebabkan serangan itu Kertanegara wafat serta Kerajaan Singasari alami kemunduran.
Disqus Comments