Kisah Sejarah Kerajaan Majapahit

By
Advertisement
Histori Kerajaan Majapahit (1293-1500) 

Kerajaan Majapahit adalah satu diantara kerajaan dengan luas lokasi yang paling besar di indonesia terkecuali Kerajaan Sriwijaya.Artikel ini bakal coba mengulas histori kerajaan ini dengan cara komplit serta detil dari mulai histori berdirinya,Tempat kerajaan, Keadaan sosial serta politik,Raja raja yang memerintah dan peninggalan dari kerajaan majapahit.Silakan anda simak sedetailnya. 

Histori Berdirinya Kerajaan Majapahit 

Saat sebelum kerajaan Majapahit berdiri,Kerajaan Singasari adalah kerajaan yang paling kuat di tanah Jawa.Hal semacam ini menarik perhatian dari Kubilai Khan,yakni seseorang penguasa dari Dinasti Yuan di Tiongkok.Ia lalu kirim utusan yang memiliki nama Meng Chi untuk menuju ke kerajaan Singasari manfaat menuntut upeti.Kertanagara yang disebut penguasa kerajaan Singasari yang paling akhir menampik dengan tegas untuk membayar upeti serta ia juga membuat malu utusan itu (Meng Chi) lewat cara mengakibatkan kerusakan muka dan memotong telinganya.Mendengar berita itu Kubilai Khan geram lalu ia memberangkatkan ekspedisi besar ke tanah Jawa pada th.1293 M. 

Ketika itu,Jayakatwang adipati Kediri,telah menggulingkan kekuasaan dan membunuh Kertanegara.Atas anjuran dari Aria Wiraraja,Jayakatwang lalu memberi pengampunan pada Raden Wijaya,yang disebut menantu dari Kertanegara.Lalu,Wiraraja kirim utusan ke Daha,yang membawa suatu surat yang diisi pernyataan, Bahwa Raden Wijaya menyerah serta mau mengabdi pada Raja Jayakatwang. 

Jayakatwang berikan jawaban surat diatas dengan suka hati.Lalu Raden Wijaya di beri lokasi rimba Tarik.Raden wijaya lalu buka rimba itu lantas bangun suatu desa baru. Desa itu lalu diberi nama Majapahit,Nama Majapahit di ambil dari nama buah maja yang memiliki rasa pahit serta rasa "pahit" dari buah itu. 

Pada saat pasukan Mongol tiba, Raden Wijaya bersekutu dengan pasukan Mongol untuk memerangi Jayakatwang.Sesudah sukses menggulingkan kekuasaan Raja Jayakatwang,Raden Wijaya lalu berbalik menyerang pasukan Mongol. 

Lantaran memperoleh serangan yang mengagetkan pasukan mongol sangat terpaksa pulang kembali,pasukannya sendiri kalang-kabut lantaran mereka ada di negeri asing.Ditambah waktu itu juga adalah peluang paling akhir pasukan mongol untuk dapat menangkap angin muson supaya bisa kembali pulang,atau mereka mesti menanti sepanjang enam bln.lagi. 

Menurut beberapa pakar tanggal pasti berdirinya Kerajaan Majapahit yaitu waktu penobatan Raden wijaya jadi raja yakni tanggal 10 november 1293.Raden wijaya sendiri memerintah majapahit dari th. 1293 M hingga th.1309 M.Pendiri kerajaan majapahit yaitu Raden Wijaya. 

Letak Kerajaan Majapahit 

Kerajaan majapahit yaitu suatu kerajaan yang berpusat di provinsi Jawa Timur,Indonesia dengan letak ibukota di lokasi yang saat ini bernama Trowulan di Kabupaten Mojokerto. Majapahit berdiri dari seputar th.1293 sampai 1500 M. 

Kerajaan ini meraih saat puncak kejayaannya pada mas pemerintahan Hayam wuruk,dengan luas wilayahnya seluas lokasi negara indonesia sekarang ini,bahkan juga pengaruhnya hingga sampai ke sebagian negara lain di lokasi asia tenggara (walau lokasi kekuasaannya masih tetap diperdebatkan). 

Kerajaan Majapahit adalah kerajaan Hindu-Buddha paling akhir yang kuasai lokasi Nusantara dan dikira juga sebagai satu diantara kerajaan paling besar dalam histori Indonesia.Berdasar pada Negarakertagama,kekuasaan wilayahnya terbentang dari pulau Jawa,pulau Sumatra,Semenanjung Malaya,pulau Kalimantan, sampai lokasi Indonesia sisi timur. 

Keadaan sosial serta politik kerajaan 

Pengganti Raden wijaya yaitu Jayanegara yang memerintah dari th.1309 M hingga th.1328 M,Waktu di angkat jadi raja umur jayanegara masih tetap sangatlah muda yakni 15 th..Tidak sama dari ayahnya Jayanegara tak memiliki kecakapan dalam memerintah hingga ia memperoleh julukan"Saat Gemet"yang bermakna lemah serta jahat. 

Pada saat pemerintahannya sangat banyak berlangsung pemberontakan,dari semua pemberontakan yang berlangsung pemberontakan yang nyaris sukses menggulingkan kekuasaannya yaitu pemberontakan oleh salah seseorang keyakinan serta penasehat raja bernama Ra Kuti. 

Mujur Gajah Mada yang pada saati itu jadi pasukan pengawal raja sukses memadamkan pemberontakan itu.Ia sukses menyelamatkan jayanegara dengan mengungsikannya sesaat ke desa bernama tubuhder.Jayanegara wafat disebabkan operasi yang dikerjakan oleh tabib yang bernama Tancha,ia menyimpan dendam pada jayanegara.Tancha lantas dibunuh oleh Gajah Mada.

http://www.kopi-ireng.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.